Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun Memimpin Apel Gerakan Cinta Pekanbaru Bersama Forkopimda, TNI, Polri, Mahasiswa, dan Masyarakat

Pj Wali Kota Muflihun memimpin apel Gerakan Cinta Pekanbaru bersama Forkopimda, TNI, Polri, mahasiswa, dan masyarakat di Lapangan Baterai C, Arhanud, Jalan Soebrantas

Pekanbaru, MafiNews.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Muflihun meresmikan Gerakan Cinta Pekanbaru dalam apel bersama Forkopimda, TNI, Polri, mahasiswa, dan masyarakat di Lapangan Baterai C, Arhanud, Jalan Soebrantas, Jumat (17/5/2024). Gerakan Cinta Pekanbaru ini merupakan gotong royong massal di sejumlah titik rawan banjir.


Pj Wali Kota Muflihun usai apel tersebut mengatakan, Gerakan Cinta Pekanbaru merupakan kegiatan gotong royong massal. Diharapkan, aksi gotong royong masif ini bisa meningkatkan motivasi masyarakat.

"Karena, Pekanbaru ini bukan milik pemerintah saja. Warga Pekanbaru juga harus punya tanggung jawab dengan lingkungannya," ujarnya.

Misalnya, drainase tersumbat di lingkungan. Drainase itu dibersihkan.

Warga tak mesti harus menunggu pemerintah. Apalagi, drainase sangat banyak. Tak mungkin pasukan kuning Dinas PUPR membersihkan seluruhnya," ucap Muflihun.

Dalam aksi ini, pemko memetakan lokasi gotong royong. Lokasi yang dibersihkan yaitu drainase yang memicu banjir.

"Pekan depan, kami gotong royong lagi. Sehingga, ada progres pembersihan drainase," sebut Muflihun.

Diharapkan, pembersihan drainase bisa tuntas, baik sampah maupun rerumputan di sekitar drainase. Kalau ada penyumbatan di bawah drainase, maka pemko harus menghancurkan penyumbatan di bawah jembatan ruko.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengungkapkan, ada empat jalan yang menjadi sasaran pada Gerakan Cinta Pekanbaru nanti. Empat jalan itu antara lain, Jalan Arifin Ahmad, Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Soebrantas, dan Jalan Riau.

"Empat jalan ini kami jadikan sampel dalam Gerakan Cinta Pekanbaru," jelasnya.

Dengan adanya Gerakan Cinta Pekanbaru ini diharapkan bisa memotivasi semua pihak. Agar, seluruh masyarakat sama-sama peduli terhadap kondisi kota.

"Karena kebersihan lingkungan itu bukan hanya tugas pemerintah saja. Tapi, kebersihan lingkungan juga perlu kepedulian dari semua pihak," ucap Edu, sapaan akrabnya. (Kmf/Mnc).

TERKAIT