Debet Air PLTA Koto Panjang Tinggi, Bupati Kampar Pj Himbau Masyarakat Selalu Waspada

Bangkinang Kota, MafiNews.com - Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE, MH mengimbau masyarakat Kabupaten Kampar mewaspadai bencana banjir, khususnya yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Kampar. Kata dia, kewaspadaan terhadap banjir ini harus ditingkatkan.


Mengingat hujan deras yang terjadi saat ini di wilayah Sumbar maupun di wilayah Kabupaten Kampar menyebabkan tingginya debit air PLTA Koto Panjang hingga dibukanya pintu air setinggi 150 cm (4 pintu) sehingga mengakibatkan kenaikan. air di sungai Kampar. Pemerintah Kabupaten Kampar juga telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak di wilayah Kampar Utara dan Kampar Kiri.

Untuk itu, Bupati Kampar Hambali mengingatkan masyarakat khususnya warga bantaran sungai Kampar untuk selalu waspada terhadap bencana banjir, Sabtu (18/5/2024).

Ia juga meminta para orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan terutama dalam menjaga anak-anaknya agar tidak ada korban jiwa dalam Bencana Banjir ini.

Apalagi masyarakat sudah terbiasa dengan keadaan seperti ini, pembiasaan itu karena setiap turun hujan di wilayah Sumbar, debit air PLTA Koto Panjang tinggi sehingga menimbulkan banjir, ujarnya.

“Saya tekankan kepada instansi atau badan yang mempunyai tugas dan fungsi penanggulangan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir ini, agar tidak ada korban jiwa,” tegas Bupati.

Pj Bupati Hambali juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kampar yang terkena dampak Banjir untuk mewaspadai penyakit akibat banjir, seperti Demam Berdarah, Diare dan penyakit lainnya.

“Semoga bencana ini cepat berakhir sehingga Aktivitas Masyarakat tetap berjalan dan Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kampar terus berupaya melakukan pemantauan dan patroli di lokasi apabila terjadi banjir,” tutupnya. (Kmf/Mnc).

TERKAIT